SEJARAH HINO SECARA GLOBAL

Informasi Lengkap Seputar Hino: Sejarah, Model, dan Fakta

Bagi para pecinta bus dan truk, nama Hino tidaklah asing di telinga. Brand yang satu ini memang telah lama malang-melintang di kancah otomotif Indonesia. Pabrikan dari Jepang ini mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia dan menghadirkan beragam produk truk dan bus dengan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nama besar Hino ternyata tidak diperoleh dengan mudah. Melalui sejarah yang cukup panjang, saat ini Hino Motors Ltd. berhasil memasuki daftar perusahaan produsen truk medium dan heavy-duty yang diakui dunia. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Hino dan produknya, simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

Sejarah Hino Secara Global

Sejarah perusahaan Hino tidak terlepas dari perusahaan bernama Tokyo Gas Industry Company dan Chiyoda Gas Co. Keduanya merupakan perusahaan gas di Jepang dan sama-sama bersaing dalam bidang tersebut. Tokyo Gas Industry merupakan supplier spare part untuk Chiyoda Gas. Namun karena Chiyoda bergabung dengan Tokyo Gas Company, maka Tokyo Gas Industry kehilangan klien terbesarnya.

Hal ini membuat Tokyo Gas Industry melebarkan produknya hingga spare part alat elektronik dan berubah nama menjadi Tokyo Gas and Electric Industry (TG&E). Perusahaan ini kemudian memproduksi kendaraan bermotor pertamanya pada tahun 1917 yang dinamakan A-Type truck. Di tahun 1937, perusahaan menggabungkan divisi mobilnya dengan Automobile Industry Co.Ltd dan Kyodo Kokusan K.K.

Dari merger tersebut, muncullah perusahaan bernama Tokyo Automobile Industry Co., Ltd. Baru empat tahun kemudian, perusahaan kembali berganti nama menjadi Diesel Motor Industry Co., Ltd. yang kemudian menjadi Isuzu Motors Limited.

Pada tahun 1942. Perusahaan Hino Heavy Industry Co., Ltd. yang awal mulanya bergabung dengan Diesel Motor Industry pada akhirnya memisahkan diri. Selama Perang Dunia II, Hino memproduksi Type 1 Ho-Ha dan Type 1 Ho-Ki untuk tentara Jepang. Setelah berakhirnya perang, perusahaan ini berhenti memproduksi mesin diesel untuk keperluan maritim.

Hino juga menandatangani perjanjian untuk tidak menggunakan nama “Heavy” sebagai nama perusahaan dan berfokus pada produksi truk trailer heavy duty, bus dan mesin diesel. Pada tahun 1948, Hino menambahkan nama “Diesel” sehingga menjadi Hino Diesel Industry Co., Ltd. Dua tahun kemudian, kendaraan heavy duty TH10 yang dibekali dengan mesin diesel 7 liter DS10 diluncurkan.

Di tahun 1953, Hino memasuki pasar mobil pribadi dengan memproduksi Renaults dan pada tahun 1961 mengembangkan sedan Contessa 900 dengan mesin belakang 893cc. Perusahaan juga memproduksi Hino Briska dengan mesin Contessa. Namun, Hino menghentikan produksi mobil pribadi pada tahun 1967 setelah bergabung dengan Grup Toyota.

Sejarah Hino Masuk Indonesia

Di Indonesia, sejarah Hino dimulai pada tahun 1982. PT Hino Indonesia Manufacturing didirikan oleh Hino Motors Ltd dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan Indonesia, terutama dengan mendistribusikan kendaraan komersil berkualitas.

Hino juga turut berkomitmen menjaga lingkungan dengan memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Sebut saja truk yang mempunyai tingkat emisi Euro II atau bus yang menggunakan bahan bakar CNG. Perusahaan asal Jepang ini juga menyediakan lapangan kerja kepada masyarakat Indonesia sejumlah 1800 orang.

Hingga saat ini, Hino mempunyai tak kurang dari 30 dealer utama yang tersebar di seluruh Indonesia. Terdapat dua perusahaan yang berada di bawah naungan Hino yaitu PT Hino Motors Sales Indonesia dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, Hino Motors Indonesia juga menjadi produksi strategis untuk kawasan ASEAN. Berpartner dengan PT Indomobil Sukses Internasional, perusahaan tersebut merakit truk medium dan heavy duty untuk pasar ASEAN.

Model Terpopuler Hingga Saat Ini

Dengan sejarah perjalanan yang cukup panjang, Hino telah memproduksi beragam kendaraan mulai dari truk, bus, hingga mobil pribadi. Dari jajaran kendaraan yang pernah diluncurkan oleh Hino, terdapat beberapa produk yang dianggap terbaik terutama di Indonesia. Berikut ini 7 daftar produk terbaik yang sempat ditampilkan di ajang GIIAS 2016:

Dutro 110 SDLR

Produk truk yang mempunyai ruang kargo terpanjang ini mempunyai dukungan sasis yang panjang serta bentang panjang bak 4.620 m. Tidak heran jika truk ini dinobatkan sebagai truk dengan kargo paling panjang di kelasnya. Dengan dukungan tersebut, pengguna dapat mengangkut barang dengan lebih efisien karena kapasitas besar yang ditawarkan.

Meskipun mempunyai kapasitas besar, Dutro 110 SDLR mempunyai body ramping sehingga tidak menyulitkan pengemudi saat berkendara di perkotaan. Truk juga dapat bermanuver dengan mudah di jalanan.

New Generation Ranger FM 260 JD

Dari segmen konstruksi, New Generation Ranger FM 260 JD merupakan legenda dari dump truck yang mempunyai kekuatan tangguh serta dapat diandalkan. Truk ini juga menjadi produk yang paling banyak terjual.

New Generation Ranger FM 235

Untuk para pengguna yang ingin beroperasi di medan yang cukup sulit, FM 235 bisa menjadi pilihan tepat yang ditawarkan oleh Hino. Dump truck yang satu ini bisa diandalkan untuk menerjang berbagai medan bahkan yang ekstrim sekalipun.

New Generation Ranger FG 235 JJ

Di event yang sama, Hino turut menghadirkan FG 235 JJ yang dibuat secara khusus guna membersihkan jalan raya. Mengadopsi bentuk road sweeper, truk ini sangat bermanfaat untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kebersihan kota. Dengan demikian, Hino turut membantu pemerintah mewujudkan programnya.

Dutro 130 HD

Truk terbaik yang satu ini dirancang khusus untuk mempermudah petugas pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugasnya. Hino Dutro 130 HD mempunyai mesin diesel tipe 4 langkah segaris, turbo charge intercooler dengan tenaga maksimum 130 PS/2700 rpm, serta direct injection.

Dutro 110 SDB

Turut berkontribusi dalam bidang kesehatan, Dutro 110 SDB merupakan kendaraan model bus yang dapat digunakan sebagai ambulans. Hino membekali varian yang satu ini dengan mesin diesel 4 langkah segaris, turbo charge intercooler, serta direct injection. Dutro 110 SDB mampu mencapai kecepatan maksimum 126 km per jam.

Hino FB 130

Hadir dalam model bus, FB 130 turut dipamerkan dalam ajang GIIAS 2016 sebagai produk terbaik dari pabrikan Hino. Bus dengan kapasitas 30 tempat duduk ini dirancang untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan karena dapat digunakan untuk keperluan wisata maupun sebagai bus sekolah. Kendaraan ini dibekali dengan mesin diesel 4 langkah segaris yang menghasilkan tenaga maksimum 130 PS/ 2500 rpm.

Selain 7 produk terbaik yang dipamerkan di GIIAS 2016, Hino juga mempunyai produk populer lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa model terpopuler yang masih diminati hingga saat ini:

Hino 300 Series Dutro

Hino 300 Series hadir dalam dua varian yaitu truk dan micro bus. Dibekali dengan mesin tangguh serta Turbo Charge Intercooler, kendaraan menjadi lebih efisien bahan bakar namun tetap bertenaga. Rangka yang tebal dan kokoh menjadi keunggulan tersendiri dari model yang satu ini. Dilengkapi dengan Fan Clutch, suara bising mesin dapat dikurangi.

Hino 500 Series Ranger

Model 500 Series menghadirkan reclining seat yang memberikan rasa nyaman bagi pengemudi, cocok untuk perjalanan jarak jauh. Dilengkapi dengan fitur collapsible steering column, kemudi akan patah ketika terjadi kecelakaan sehingga mengurangi cidera yang dialami oleh pengemudi. Hino 500 Series juga menghadirkan kabin aerodinamis untuk mengurangi hambatan angin demi efisiensi bahan bakar.

Hino 700 Series Profia

Segmen ini cocok digunakan untuk keperluan pertambangan karena truk mampu menerjang medan yang berat. Hino 700 Series mempunyai desain kabin yang lebih lega sehingga memberikan kenyamanan bagi pengeudi. Dilengkapi dengan mesin Common Rail, kendaraan menjadi lebih efisien bahan bakar.

Highlight Berita Hino Sepanjang Tahun 2018

Di Indonesia, Hino tidak pernah sepi peminat. Merk komersial ini tercatat mengalami lonjakan yang cukup signifikan pada tahun 2018, tepatnya periode Januari hingga Mei. Penjualan Hino bahkan mampu melebihi kenaikan yang dialami oleh pasar secara keseluruhan.

Pada 5 bulan pertama di tahun 2018, pasar truk model LDT dan MDT mengalami kenaikan hingga 30 persen menjadi 45.690 unit dibandingkan pada tahun 2017 di periode yang sama. Hino sendiri mencatat penjualan sebanyak 15.250 unit, atau meningkat sebanyak 34 persen dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Terlebih lagi menurut Hino Motor Sales Indonesia, perusahaan ini berhasil melampaui target penjualan di tahun 2018. Sepanjang tahun tersebut, Hino berhasi menjual sebanyak 40.072 unit yang mana melebihi dari target yang ditentukan di awal tahun sebanyak 40.000 unit.

Pertumbuhan angka penjualan ini tidak terlepas dari pembangunan masif yang tengah digalakkan oleh pemerintah. Pembangunan infrastruktur serta sektor kargo juga turut andil dalam mendorong kenaikan penjualan armada Hino. Sektor pertambangan dan agrikultur ditambah lagi sektor Fast Moving Consumer Good juga berkontribusi dalam peningkatan penjualan truk.

Fakta Mengenai Hino

Setelah menyimak berbagai pembahasan di atas, tentunya Anda telah mendapatkan banyak informasi menarik seputar Hino, sejarah berdirinya perusahaan, serta model yang populer dan terbaik utamanya di Indonesia. Anda menginginkan informasi lebih mengenai pabrikan otomotif yang satu ini?

Untuk mendapatkan ragam info menarik lain mengenai Hino, ada baiknya jika Anda menyimak fakta-fakta mengenai Hino yang belum banyak diketahui oleh orang. Berikut ini beberapa fakta dan berita seputar Hino yang sayang untuk dilewatkan:

Dirakit di Kanada dan Kolombia

Meskipun berasal dari Jepang, Hino ternyata juga mempunyai pabrik perakitan di Kanada. Tercatat Hino berhasil memasuki pasar Kanada sejak tahun 1970-an, dengan Hino Motors Canada sebagai distributor di negara tersebut. Hino Motors Canada sendiri merupakan bagian dari Grup Toyota. Pabrik perakitannya sendiri baru didirikan pada bulan Mei 2006 dan berlokasi di Woodstock, Ontario.

Sedangkan di Kolombia, pabrik perakitan dibangun pada tanggal 9 Oktober 2007 dan berlokasi di Cota yang berdekatan dengan Bogota. Dari pabrik perakitan tersebut, model FCJ dan Hino Dutro dirakit. Mitsui-Keiretsu merupakan pemilik serta pemegang saham utama di pabrik tersebut.

Anak perusahaan Toyota Motor Corporation

Perusahaan Hino merupakan anak perusahaan dari raksasa otomotif Toyota Motor Corporation. Selain itu, Hino juga menjadi salah satu dari 16 perusahaan besar yang tergabung dalam Grup Toyota. Produsen truk dan bus ini tercatat mempekerjakan tak kurang dari 25 ribu karyawan di seluruh dunia sehingga membuatnya menjadi salah satu perusahaan besar di dunia.

Produksi pesawat

Tahukah Anda? Tokyo Gas & Electrical Industry yang merupakan asal muasal dari Hino pernah memproduksi beberapa jenis pesawat pada tahun 1930-an. Beberapa pesawat yang pernah diproduksi antara lain pesawat penumpang berukuran kecil Gasuden KR-1, dan KR-2, pesawat penumpang berukuran medium TR-1 dan TR-2 serta Gasuden Koken yang merupakan pesawat penelitian.

Produksi mobil

Sebelum berfokus untuk memproduksi truk dan bus serta mesin diesel, tercatat Hino juga pernah memproduksi beberapa jenis mobil. Sebut saja Hino Renault 4CV, Contessa yang merupakan mobil penumpang dibuat pada tahun 1960-an serta Toyota FJ Cruiser yang dibuat untuk Toyota pada tahun 2006 hingga 2016.

Belum memproduksi bus tingkat

Keberadaan bus tingkat mulai banyak dijumpai di Indonesia. Sayangnya, Hino belum memutuskan untuk turut memproduksi bus tingkat seperti Mercedes dan Scania yang telah lebih dulu berinovasi dalam produksi bus double-decker. Alasannya adalah karena bus tingkat mempunyai resiko yang lebih besar terutama bagi sopir Indonesia yang belum terbiasa.

Terlepas dari hal tersebut, pihak Hino mengatakan bahwa pabrikan Hino di Jepang telah melakukan studi untuk melebarkan sayap ke segmen double-decker. Yang pasti, keselamatan dan keamanan tetap menjadi prioritas bagi Hino sehingga produk dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Pabrik Hino di Rusia

Tidak banyak pabrikan otomotif yang memutuskan untuk membangun pabrik di Rusia. Lain halnya dengan Hino, pada tahun 2017 perusahaan produsen truk dan bus ini mengumumkan akan membangun pabrik pertamanya di Rusia. Pabrik tersebut direncanakan mulai memproduksi truk pada tahun 2019 dan diprediksi mempunyai kapasitas produksi hingga 3.000 per tahun.

Peduli lingkungan

Hino sebagai pabrikan otomotif yang berasal dari Jepang ternyata turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan, terutama di Indonesia. Hino membantu segala upaya untuk melindungi lingkungan serta memberikan perhatian pada kesejahteraan masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip 3R.

Selain itu, Hino juga memberikan pelatihan dan pendidikan keterampilan bagi pada karyawan untuk meningkatkan kecakapan mereka melalui beragam program latihan. Tiga aspek yang menjadi perhatian utama Hino Indonesia adalah kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.

Hino sang raja medium-truck

Di Indonesia, Hino merupakan merk truk dan bus yang sudah tidak asing lagi. Selama 16 tahun, Hino sukses merajai pasar medium duty truck (MDT) di Indonesia. Berbagai produk truk dan bus yang dihadirkan sangat membantu proses berlangsungnya bisnis di berbagai sektor mulai dari pertambangan, pertanian, hingga konstruksi.

Popularitas Hino Ranger 500 di Indonesia

Sebagai salah satu truk dari segmen medium duty, Hino Ranger ternyata menjadi raja di kelasnya. Selama puluhan tahun, Ranger mampu menjadi partner bisnis di sektor angkutan tambang, konstruksi, hingga logistik dan transportasi barang.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Hino Ranger 500 antara lain daya angkut yang lebih besar, irit bahan bakar, serta daya tahan yang tinggi. Selain itu, dukungan suku cadang serta kemudahan servis juga menjadi alasan mengapa Hino Ranger menjadi favorit di kelas medium duty truck.

Dari segi keamanan, Hino Ranger 500 menerapkan full air brake system sehingga pengereman lebih responsif. Dan yang paling utama, truk ini mempunyai waktu operasional yang lebih lama sehingga mendukung bisnis yang Anda jalankan.

Demikianlah perkembangan sejarah serta fakta perjalanan Hino, semoga menjadi tambahan informasi yang bermanfaat buat para pencinta Merk HINO di Indonesia.

#HinoAlwaysWithYou

Jangan lupa untuk Follow / Ikuti kami dihalaman Facebook @dealerhinosamarinda dan di Instagram @hinosamarindacom dengan klik link Facebook & Instagram yang terdapat diberanda website kami. terima kasih

Have your say

Open chat